Langsung ke konten utama

APLIKASI RAPORT KTSP LENGKAP

Dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 1 Ayat 1 disebutkan bahwa : Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Oleh sebab itu seorang guru harus memiliki beberapa Kompetensi  salah satunya adalah kompetensi pedagogik. Dalam Kompetensi pedagogik memuat beberapa hal termasuk diantaranya adalah kemampuan evaluasi hasil belajar dalam mengevaluasi hasil belajar. 
Adapun dalam melakukan Evaluasi terhadap hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan berbagai macam cara dan tehnik penilaian mulai dari penilaian hasil Ulangan harian, Observasi, tugas, proyek, dan lain sebagainya. Sebagai bukti bahwa guru telah melaksanakan itu semua maka harus di wujudkan dalam bentuk laporan hasil belajar mulai dari laporan nilai ulangan harian, tugas baik terstruktur ataupun tidak terstruktur, laporan nilai UTS, UAS dan RAPORT. 
Dalam pembuatan Laporan Nilai pun juga bisa dengan beberapa cara, baik dengan cara konvensional maupun dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini yakni dengan menggunakan Aplikasi penilaian baik dengan membuat sendiri atau menggunakan Aplikasi yang banyak disediakan diberbagai Blog di internet agar pekerjaan menjadi lebih cepat dan hemat tenaga, salah satunya seperti Aplikasi Raport yang saya posting ini.
Namun kedua-duanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing seperti berikut :
1. Cara Konvensional
A. Kelebihanya:
1. Sederhana karena tanpa harus membutuhkan Peralatan apapun hanya butuh kertas dan bolpoint atau mungkin hanya kalkulator untuk menghitung nilai jika dibutuhkan.
2. Murah/Gratis (tanpa biaya) karena tidak haru memiliki Perangkat komputer dan lain sebagainya untuk membuat Aplikasi atau tidak perlu pulsa internet untuk mendownload Aplikasi jika tidak mampu membuat sendiri.
3. Semua Guru pasti bisa
B. Kekuranganya :
1. Butuh waktu lama untuk mengerjakan karena harus menghitung nilai secara manual baik dengan kalkulator atau tanpa Kalkulator
2. Banyak tenaga yang dibutuhkan kerana harus memasukan identitas siswa dll dalam setiap jenis dan model laporan
3. Dalam zaman yang sudah mengalami kemajuan teknologi saat ini guru yang tidak mampu memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada saat akan dianggap guru yang GAPTEK (Gagap Teknologi) padahal saat ini seharusnya sudah tidaka ada lagi guru yang GAPTEK (Gagap Teknologi).
4. Masih berpotensi salah dalam menghitung Nilai terlebih jika kurang fokus saat mengerjakan.

2. Cara Modern yang sudah menggunakan Aplikasi
A. Kelebihan
1. Waktu pengerjaan lebih singkat karena tinggal mengentry data siswa dan nilai Nilai akhir sudah otomatis jadi.
2. Ringan tenaga karena bisa dilakukan dengan copy paste yang penting data Valid.
3. Tingkat kesalahan minim /lbih sedikit karena sudah menggunakan rumus yang pasti.
4. Guru tentu sudah tidak lagi dianggap sebagai Guru yang GAPTEK (Gagap Teknologi) karena sudah mengikuti kemajuan teknologi.
B. Kekuranganya :
1. Butuh Biaya lebih banyak untuk menyediakan peralatan yang memadai, mulai dari komputer, printer dll.
2. Butuh biaya internet bagi yang hanya dapat menggunakan Aplikasi hasil download dari internet karena tidak bisa membuat sendiri.
3. Tidak semua guru mampu

Nah setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing apakah sebagai guru anda ingin memilih cara yang lebih konvensional yang banyak membutuhkan waktu dan tenaga atau akan memilih dengan menggunakan Aplikasi yang lebih hemat waktu dan hemat tenaga. 
Jika anda memilih cara yang lebih singkat waktu dan hemat tenaga namun untuk membuatnya sendiri saya ingin berbagi dengan para teman-teman guru Aplikasi yang bisa meringankan pekerjaan dalam pembuatan Nilai yang sudah lengkap mulai dari laporan Nilai Ulangan harian sampai jadi Raport yang siap dibagikan kepada siswa. bagi yang ingin mendownload Aplikasi Raport KTSP silahkan Klik Disini 
Semoga bermanfaat.
Posting Komentar

Pos populer dari blog ini

download gratis AL-qura'an Terjemah Per kata

download  gratis AL-qura'an Terjemah Perkata

Tidak ada bacaan yang lebih hebat di sisi Allah, Malaikat, dan Rasul-Nya selain Alquran. Karena itu, marilah memperbanyak membaca Alquran, meresapi setiap maknanya, kemudian dihafalkan dan selanjutnya diamalkan. Dengan begitu, kita akan menjadi manusia yang paling beruntung.

Rasulullah SAW menganggap Alquran itu sebagai al-Muta'abbadu bi tilawatihi (hal yang dianggap beribadah bila membacanya). Sayang, meski membacanya dianggap sebagai sebuah bentuk ibadah, kita masih sering membaca yang lain ketimbang Alquran.

Bahkan, banyak kaum Muslimin yang bangga telah membaca buku karangan tokoh tertentu. Mereka merasa pandai dan bertambah luas wawasannya setelah menamatkan buku itu. Mereka juga tak merasa berat untuk membeli beragam judul buku atau majalah. Semuanya dibaca tanpa ada yang terlewatkan.

Tapi, jarang sekali mereka mau menyentuh dan membaca Alquran yang jelas mendatang pahala dan rahmat dari Allah. Malah mereka membiarkan Alquran tero…

• software buat Cetak foto ukuran 2×3, 3×4, 4×6, 1R, 2R, 3R, 4R, 5R, 6R, 8R dan 8R+:

software buat Cetak foto ukuran 2×3, 3×4, 4×6, 1R, 2R, 3R, 4R, 5R, 6R, 8R dan 8R+:
Biasanya apabila kita ingin menctak foto yang biasa kita gnakan buat persyaratan baik lamaran kerja ,pemberkasan dll ,sering kita kesulitan mengatur ukaranya pada kesmpatan kali ini saya akan berbagi disini,
ACEF merupakan aplikasi yang langsung menata file dengan pilihan ukuran 2×3, 3×4, 4×6 tanpa perlu software editor.

·Cetak foto ukuran 2×3, 3×4, 4×6, 1R, 2R, 3R, 4R, 5R, 6R, 8R dan 8R+ ·Cetak per-baris, sehingga hemat kertas ·Tersedia ukuran kertas Kuarto dan ukuran kertas foto 4R ·Tata letak otomatis, menggunakan kertas sehemat mungkin ·Dapat langsung dicetak atau disimpan dalam bentuk file ·Mampu mengubah menjadi foto hitam-putih dengan perbandingan warna yang proposiona
Download file ACEFVersi 2.2 Beta tanpa DotNet (Windows XP SP3 / Vista / 7 / 8)

downloadACEFVersi 2.2 Beta tanpa DotNet (Windows XP SP3 / Vista / 7 / 8)