Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi merupakan 3 istilah yang saat ini pernah
“ngetrend” di kalangan para guru. Kala dihadapkan pada pertanyaan; “Apa sih pengertian dari ketiga istilah tersebut dan bagaimana
penerapannya dalam kegiatan pembelajaran ?”, ternyata banyak para guru yang
belum memahaminya. Hal ini disebabkan karena banyak para guru yang sama sekali
belum menerima sosialisasinya. Sementara banyak guru yang sudah mendapat
pelatihan namun tidak ada pelaksanaan pengimbasan kepada rekan-rekan guru di
daerahnya masing-masing. Sehingga sampai kurikulum pun sebentar lagi akan
berganti dengan kurikulum 2013, banyak para belum memahaminya.
Lalu bagaimana dengan pelaksanaan ketiga
istilah tersebut di dalam kurikulum 2013? Masih adakah? Secara tersurat dalam rencana
pelaksanaan pembelajaran, entahlah ! Tapi yang jelas implementasi dari ketiga
istilah itu sebenarnya bukan hal baru. Bukankah setiap mengajar guru
melaksanakan langkah-langkah pembelajarannya selalu tidak lepas dari yang
namanya mengeksplorasi, mengelaborasi dan mengkonfirmasi? Oleh karena itu, apa
pun namanya itu kurikulum, tetap secara sadar atau tidak, guru mestinya
melakukannya. Namun tentu saja guru tidak akan dapat melaksanakannya dengan
baik manakala belum paham apa itu eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Berikut
ini pengertian dan contoh-contoh secara normatifnya.
A. Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
ketiga istilah tersebut bermakna sebagai berikut:
1.
Eksplorasi adalah kegiatan untuk
memperoleh pengalaman-pengalaman baru dari situasi yang baru.
2.
Elaborasi adalah penggarapan
secara tekun dan cermat.
3.
Konfrimasi adalah pembenaran,
penegasan, dan pengesahan
B. Aplikasi ketiga istilah tersebut dalam rancangan dan proses
pembelajaran.
Pengaplikasian ketiga istilah tersebut dalam
rancangan dan proses pembelajaran adalah sebagai berikut :
Dalam kegiatan eksplorasi, guru melibatkan
peserta didik dalam mencari dan menghimpun informasi, menggunakan media untuk
memperkaya pengalaman mengelola informasi, memfasilitasi peserta didik
berinteraksi sehingga peserta didik aktif, mendorong peserta didik mengamati
berbagai gejala, menangkap tanda-tanda yang membedakan dengan gejala pada
peristiwa lain, mengamati objek di lapangan dan labolatorium.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus
ekplorasi adalah
Peserta didik :
- menggali informasi dengan membaca,
berdikusi, atau percobaan
- mengumpulkan dan mengolah data
Guru :
- menggunakan berbagai pendekatan
dan media
- memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, dan peserta didik
dengan sumber belajar
- melibatkan peserta didik secara
aktif
Dalarn kegiatan elaborasi, guru mendorong
peserta didik membaca dan menuliskan hasil eksplorasi, mendiskusikan, mendengar
pendapat, untuk lebih mendalami sesuatu, menganalisis kekuatan atau kelemahan
argumen, mendalami pengetahuan tentang sesuatu, membangun kesepakatan melalui
kegiatan kooperatif dan kolaborasi, membiasakan peserta didik membaca dan
menulis, menguji prediksi atau hipotesis, menyimpulkan bersama, dan menyusun
laporan atau tulisan, menyajikan hasil belajar.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus
elaborasi adalah
Peserta didik :
- melaporkan hasil eksplorasi
secara lisan atau tertulis, baik secara individu maupun kelompok
- menanggapi laporan atau
pendapat teman
- mengajukan argumentasi dengan
santun
Guru :
- memfasilitasi peserta didik
untuk berpikir kritis, menganalisis, meemcahkan masalah,
- bertindak tanpa rasa takut
- memfasilitasi peserta didik untuk
berkompetisi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru memberikan
umpan balik terhadap apa yang dihasilkan peserta didik melalui pengalaman
belajar, memberikan apresiasi terhadap kekuatan dan kelemahan hasil belajar
dengan menggunakan teori yang dikuasai guru, menambah informasi yang seharusnya
dikuasai peserta didik, mendorong peserta didik untuk menggunakan pengetahuan
lebih lanjut dari sumber yang terpercaya untuk lebih menguatkan penguasaan
kompetensi belajar agar lebih bermakna. Setelah memeperoleh keyakinan, maka
peserta didik mengerjakan tugas-tugas untuk mengasilkan produk belajar yang
kongkrit dan kontekstual. Guru membantu peserta didik menyelesaikan masalah dan
menerapkan ilmu dalam aktivitas yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus
konfirmasi
Peserta didik :
- melakukan refleksi terhadap
pengalaman belajarnya
Guru :
- memberi umpan balik positif
kepada peserta didik
- memberi konfirmasi melalui
berbagai sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
- berperan sebagai narasumber dan
fasilitator
- memberi acuan agar peserta
didik melakukan pengecekan hasil ekplorasi
- memberi motivasi kepada peserta
didik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar