Runing Teks

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih"QS Ibrohim ayat 7.

Minggu, 01 April 2018

KISAH INSPIRATIF ORANG YANG TIDAK PERNAH GAGAL


ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB
Dalam menjalani kehidupan ini semua orang pasti selalu mengininkan keberhasilan, tidak ada seorang-pun yang menghendaki kegagalan. Namun pada kenyataanya tidak semua orang bisa berhasil, ada juga yang gagal bahkan sampai putus asa akibat dari kegagalanya tersebut. Itu semua dikarenakan mereka tidak mengetahui secara benar makna dan hakikat dari keberhasilan maupun kegagalan.
Oleh karena itu jika kita ingin selalu berhasil kita harus mengatahui faktor dan prinsip yang mempengaruhi atas keberhasilan atau kegagalan.
Untuk mengetahuinya mari simak kisah berikut :
Ada dua orang petani yang bernama Pak KARNO dan pak KARMIN (bukan nama sebenarnya), kedua-duanya ini masih awam dalam hal bertani sebab mereka berdua adalah petani pemula, meski sama-sama pemula tetapi keduanya memiliki sifat dan cara pandang yang berbeda yakni pak KARNO memiliki sifat sabar dan selalu berfikir optimis sedangkan pak KARMIN memiliki sifat pesimis dan mudah putus asa. Suatu ketika kedua petani ini sama-sama menanam padi diladang/sawah yang lokasi dan keadaan tanahnya sama. Karena pemula sehingga pengetahuanya dalam hal bertani masih minim. Akhirnya keduanya berdiskusi untuk memilih pupuk yang dianggap cocok untuk tanaman padi yang ditanamnya. Dari hasil diskusinya tersebut keduanya memutuskan menggunakan pupuk jenis “ABC”( jenis ilustrasi Bukan jenis pupuk sebenarnya), Tetapi pupuk jenis “ABC” tersebut sebenarnya tidak cocok untuk keadaan tanah mereka, karena pupuk yang digunakan tidak cocok akhirnya tanaman padi yang ditanam oleh kedua petani tersebut  tidak dapat mengahsilkan hasil panen yang bagus namun justru tanamanya menjadi rusak. Sebagai orang yang pesimis dan mudah putus asa ketika mengalami hal seperti itu pak KARMIN langsung menganggap bahwa usahanya tersebut telah “GAGAL” dan akhirnya tidak mau lagi untuk mencoba kembali. Berbeda dengan pak KARNO karena dia adalah orang yang sabar dan selalu optimis maka pak karno menganggap usahanya tersebut sebagai sebuah keberhasilan. Karena pak KARNO beranggaapan meskipun dia tidak dapat memperoleh hasil panen yang bagus, tetapi dia telah berhasil mengetahui bahwa pupuk jenis “ABC” tidak cocok untuk kadaan tanah dan tanaman padi yang ada diladangnya, hingga akhirnya pada kesempatan yang lain pak “KARNO” mencoba menanam padi lagi dengan pupuk jenis lain dan ternyata pupuk yang digunakan itu adalah pupuk yang tepat dan akhirnya menghasilkan hasil panen yang melimpah.
Kisah diatas menunjukkan bahwa cara pandang yang berbeda bisa menghasilkan penilaian yang berbeda terhadap suatu hal. Orang yang pesimis akan mudah menyerah dan mudah memandang buruk atas suatu hal, berbeda dengan orang yang selalu optimis dan sabar dia akan selalu memandang segala sesuatu dengan fikiran positif dia memandang ktidak berhasilanya dalam mencapai tujuan bukan sebagaisebagai “KEGAGALAN”. Namun dia akan memandangnya sebuah keberhasilan dalam bentuk yang lain.
Oleh karena itu janganlah mudah su’udzan kepada Allah karena kita tidak pernah mengetahu apa rencana Allah untuk kita. Dan janganlah mudah putus asa karena putus asa itu adalah akhlak tercela.
Allah berfirman :
artinya : Ibrahim berkata: "Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhan-nya, kecuali orang-orang yang sesat." (Qur’an Surat Al-hijr ayat  56)
Dan bahkan orang yang berputus asa itu masuk kedalam kategori orang kafir, karena putus asa itu adalah sifatnya orang kafir.
Allah berfirman :
Artinya : Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir."
Wallahu a’lam
Semoga Allah senantiasa  melimpahkan rahmat dan taufiknya sehingga kita menjadi orang yang selalu sabar, tawakal dan optmis dalam segala hal. AMIN YAA RABBAL ‘ALAMIN
WASSALAMU’ALAIKUM WR. WB
SUJIMAN, S.Pd.I., M.A
Artikel lainya dapat dibaca di laman http://sujimanae.blogspot.com  dan facebook : Jimmy gaeck

Tidak ada komentar: